| 0 comments ]



geopolitik menjadi prasarat doktrin dari suatu Negara, bila telah disepakati oleh bangsa. Sebagai diktrin dasar Negara, geopolitik mengandung empat unsure utama yakni konsepsi ruang, konsepso frontier, konsepsi politik kekuatan, konsepsi keamanan Negara dan bangsa.

• Konsepsi ruang
Konsepsi ini diperkenalkan oleh Karl Haushofer yang menyimpulkan bahwa ruang merupakan wadah dinamika politik dan militer, teori ini disebut pula sebagai teori kombinasi ruang dan kekuatan. Realitanya kekuatan politik selalu menghendaki penguasaan ruang dan sebaliknya penguasaan ruang secara de facto dan de jure akan memberikan legitimasi kekuasaan politik.

• Konsepsi frontier
Frontier merupakan balas imajiner dari dua Negara. Frontier terjadi karena pengaruh dari Negara di luar boundary (batas resmi dua Negara). Sifatnya sangat dinamis dan dapat digeser-geser dan berada diantara masyarakat bangsa. Secara politis pengaruh efektif dari pemerintah pusat tidak lagi mencakup seluruh wilayah kedaulatan tapi dikurangi luas wilayah sampai dengan batas frontier yang sudah dipengaruhi kekuasaan asing dari seberang boundary. Pengaruh asing dapat berawal dari budaya, ekonomi, social, agama, maupun ras.

• Konsepsi politik kekuatan
Politik kekuatan menjadi salah satu factor dalam melaksanakan konsepsi geopolitik yang terkait langsung dengan kepentingan nasional. Sedangkan kepentingan nasional harus kita pertahankan demi tercapainya cita-cita bangsa dan Negara. Untuk dapat mencapai cita-cita tersebut hendaknya dilandasi atas kekuatan politik, ekonomi, dan militer.

• Konsepsi keamanan
Pada saat ini konsep keamanan Negara yang telah dikembangkan pada umumnya adalah konsep pertahanan nasional. Kini dikembangkan pula konsep daerah penyangga yang dapat digunakan untuk menghadapi ancaman fisik dari luar. Dalam upaya keamanan Negara dan bangsa, semangat kesatua dna persatuan menjadi salah satu kekuatan untuk menghambat datangnua ancaman dari luar negeri.




0 comments

Post a Comment